Tumor Trakea dan Tumor Bronkial pada Anak

Tumor trakeobronkial dimulai pada sel yang melapisi permukaan paru. Kebanyakan tumor trakeobronkial pada anak-anak jinak dan terjadi di trakea atau bronkus besar (saluran udara besar paru-paru). Kadang-kadang, tumor trakeobronkial lambat tumbuh menjadi kanker yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tanda dan Gejala Tumor Trakeobronkial pada Anak-Anak

Tumor trakeobronkial dapat menyebabkan salah satu tanda dan gejala berikut. Tanyakan kepada dokter anak Anda jika anak Anda memiliki salah satu dari hal berikut:

    Batuk.
    Desah.
    Sulit bernapas.
    Meludahkan darah dari saluran udara atau paru-paru.
    Infeksi yang sering di paru-paru, seperti pneumonia.

Kondisi lain yang bukan tumor trakeobronkial dapat menyebabkan tanda dan gejala yang sama. Sebagai contoh, gejala tumor trakeobronkial sangat mirip dengan gejala asma, dan itu bisa membuat sulit untuk mendiagnosis tumor.

Diagnosis Tumor Trakeobronkial

Tes untuk mendiagnosis dan tahap tumor trakeobronkial mungkin termasuk yang berikut:

    Pemeriksaan fisik dan sejarah.
    X-ray dari dada.
    CT scan.

Biopsi area abnormal biasanya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan perdarahan hebat.

Tes lain yang digunakan untuk mendiagnosis tumor trakeobronkial termasuk yang berikut:

    Bronkografi: Prosedur untuk melihat ke dalam trakea dan saluran udara besar di paru-paru untuk area abnormal. Bronkoskop dimasukkan melalui hidung atau mulut ke dalam trakea dan paru-paru. Bronkoskop adalah alat tipis seperti tabung dengan cahaya dan lensa untuk dilihat. Sebuah pewarna kontras dimasukkan melalui bronkoskop untuk membuat laring, trakea, dan saluran udara muncul lebih jelas pada film x-ray.

    Pemindaian okreotida: Suatu jenis pemindaian radionuklida yang digunakan untuk menemukan karsinoid dan jenis tumor lainnya. Sejumlah kecil octreotide radioaktif (hormon yang melekat pada tumor karsinoid) disuntikkan ke pembuluh darah dan bergerak melalui aliran darah. Oktreotide radioaktif menempel pada tumor dan kamera khusus yang mendeteksi radioaktivitas digunakan untuk menunjukkan di mana tumor berada di dalam tubuh.

Pengobatan dan Prognosis Tumor Trakeobronkial pada Anak

Pengobatan tumor trakeobronkial pada anak-anak mungkin termasuk yang berikut:

    Operasi untuk mengangkat tumor. Terkadang jenis operasi yang disebut reseksi lengan digunakan. Kelenjar getah bening dan pembuluh di mana kanker telah menyebar juga dihapus.
    Kemoterapi atau terapi radiasi untuk kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Pengobatan tumor trakeobronkial berulang pada anak-anak mungkin termasuk yang berikut:

    Uji klinis yang memeriksa sampel tumor pasien untuk perubahan gen tertentu. Jenis terapi yang ditargetkan yang akan diberikan kepada pasien tergantung pada jenis perubahan gen.

Prognosis (kemungkinan pemulihan) untuk anak-anak dengan kanker trakeobronkial sangat baik, kecuali anak memiliki rhabdomyosarcoma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar