Pengobatan Kanker Paru

Pilihan pengobatan untuk kanker paru-paru termasuk operasi, radiasi, dan / atau kemoterapi. Perawatan ini dapat menghilangkan atau mengecilkan massa kanker atau tumor ganas, atau berusaha memperlambat pertumbuhan atau kecenderungannya untuk menyebar. Jika operasi dilakukan, tetapi temuan akhir menunjukkan risiko tinggi kambuhnya kanker, maka pengobatan tambahan dengan kemoterapi dan / atau radiasi dapat ditawarkan sebagai terapi adjuvant untuk mengurangi risiko kambuh.

Jika kanker paru-paru dinilai atau ditemukan tidak dapat dioperasi untuk penyembuhan, maka pengobatan paliatif dengan radiasi dan / atau kemoterapi dapat ditawarkan. Sebagai pilihan paliatif, perawatan ini tidak diharapkan bersifat kuratif, tetapi dapat bermanfaat bagi pasien. Perawatan semacam itu dapat meredakan gejala dan kemungkinan memperpanjang usia. Dalam perawatan paliatif kanker paru-paru yang tidak dapat dioperasi, ada obat perawatan suportif yang juga dapat diberikan untuk mencegah dan mengobati efek buruk radiasi dan kemoterapi, seperti mual atau muntah, sesak napas, atau nyeri.

Diskusi berikut akan fokus pada penggunaan kemoterapi dan obat-obatan terkait untuk pengobatan kanker paru-paru.

Obat Kemoterapi, Target Agen, dan Imunoterapi untuk Kanker Paru

Tergantung pada jenis dan stadium kanker paru-paru, kemoterapi dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Hari ini, kanker paru-paru dibagi menjadi dua tipe luas, sel kecil dan sel kanker paru-paru non-kecil. Kanker sel kecil menyebar sangat cepat di dalam tubuh dan biasanya tidak bisa dioperasi karena alasan ini. Mereka membelah dengan cepat di tingkat sel, yang membuat mereka sangat sensitif terhadap kemoterapi dan radiasi. Kanker sel non-kecil sering tumbuh dan menyebar kurang cepat dan mungkin dapat dioperasi jika ditemukan lebih awal. Mereka lebih sensitif terhadap kemoterapi dan radiasi daripada yang pernah diduga, dan banyak pilihan pengobatan ada saat ini untuk manajemen mereka. Kanker paru-paru sel paru-paru tahap yang luas, dan kanker paru-paru sel non-kecil yang tidak bisa dioperasi diobati hari ini dengan niat paliatif. Meskipun mode atau tindakan yang tepat dapat bervariasi, semua obat kemoterapi bekerja dengan menurunkan kemampuan sel kanker untuk tumbuh dan membelah. Alkiloid platina, alkaloid podophyllin, alkaloid vinca, anthracyclines, inhibitor topoisomerase, taxanes, antimetabolites, dan antagonis folat adalah obat kemoterapi yang biasa digunakan untuk mengobati kanker paru.

Saat ini agen yang ditargetkan yang bekerja melalui jalur molekuler tingkat seluler tertentu yang spesifik dalam sel kanker juga digunakan. Ini termasuk beberapa jenis inhibitor tirosin kinase, serta inhibitor anti-angiogenesis.

Immunotherapy hari ini termasuk agen baru yang disebut checkpoint inhibitor termasuk Nivolumab dan Pembrolizumab (Opdivo dan Keytruda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar