Prognosis untuk Kanker Tiroid

Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kemungkinan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Prognosis (peluang pemulihan) dan pilihan perawatan bergantung pada hal-hal berikut:

    Usia pasien pada saat diagnosis.
    Jenis kanker tiroid.
    Stadium kanker.
    Apakah kanker benar-benar dihilangkan dengan pembedahan.
    Apakah pasien memiliki beberapa neoplasia endokrin tipe 2B (MEN 2B).
    Kesehatan umum pasien.
    Apakah kanker baru saja didiagnosis atau telah kambuh (kembali).

Tahapan Kanker Tiroid

Setelah kanker tiroid telah didiagnosis, tes dilakukan untuk mengetahui apakah sel kanker telah menyebar di dalam tiroid atau ke bagian lain dari tubuh.

Proses yang digunakan untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar di dalam tiroid atau ke bagian tubuh lainnya disebut pementasan. Informasi yang dikumpulkan dari proses pementasan menentukan stadium penyakit. Penting untuk mengetahui usia pasien dan stadium kanker untuk merencanakan perawatan.

## Tes berikut yang mengikuti tes dan prosedur dapat digunakan dalam proses pementasan:

  ### CT scan (CAT scan): Prosedur yang membuat serangkaian gambar mendetail dari area di dalam tubuh, seperti dada, perut, dan otak, yang diambil dari berbagai sudut pandang. Gambar-gambar dibuat oleh komputer yang terhubung ke mesin X-ray. Pewarna dapat disuntikkan ke pembuluh darah atau tertelan untuk membantu organ atau jaringan muncul lebih jelas. Prosedur ini juga disebut computed tomography, computerized tomography, atau tomografi aksial komputerisasi.

  ### Pemeriksaan USG: Sebuah prosedur di mana gelombang suara berenergi tinggi (ultrasound) dipantulkan dari jaringan atau organ internal dan membuat gema. Gema membentuk gambar jaringan tubuh yang disebut sonogram. Gambar bisa dicetak untuk dilihat nanti.

  ### X-ray Dada: X-ray dari organ dan tulang di dalam dada. X-ray adalah jenis sinar energi yang dapat menembus tubuh dan ke film, membuat gambar area di dalam tubuh.

  ### Tulang scan: Sebuah prosedur untuk memeriksa apakah ada sel yang membelah dengan cepat, seperti sel kanker, di tulang. Sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke pembuluh darah dan bergerak melalui aliran darah. Bahan radioaktif terkumpul di tulang dengan kanker dan dideteksi oleh pemindai.

  ### Sentinel biopsi kelenjar getah bening: Pengangkatan kelenjar getah bening sentinel selama operasi. Nodus limfatikus sentinel adalah kelenjar getah bening pertama yang menerima drainase limfatik dari tumor. Ini adalah kelenjar getah bening pertama kanker kemungkinan menyebar dari tumor. Zat radioaktif dan / atau pewarna biru disuntikkan di dekat tumor. Substansi atau pewarna mengalir melalui saluran getah bening ke kelenjar getah bening. Nodus limfa pertama yang menerima zat atau pewarna dihilangkan. Seorang ahli patologi melihat jaringan di bawah mikroskop untuk mencari sel-sel kanker. Jika sel kanker tidak ditemukan, mungkin tidak perlu membuang lebih banyak kelenjar getah bening.

## Ada tiga cara kanker menyebar di tubuh.

### Kanker dapat menyebar melalui jaringan, sistem getah bening, dan darah:

  ### Tisu. Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan tumbuh ke daerah terdekat.
  ### Sistem getah bening. Kanker menyebar dari mana ia mulai masuk ke sistem getah bening. Kanker menyebar melalui pembuluh getah bening ke bagian tubuh yang lain.
  ### Darah. Kanker menyebar dari mana ia mulai masuk ke dalam darah. Kanker menyebar melalui pembuluh darah ke bagian tubuh yang lain.

### Kanker dapat menyebar dari mana ia mulai ke bagian lain dari tubuh.

Ketika kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, itu disebut metastasis. Sel-sel kanker melepaskan diri dari tempat mereka mulai (tumor primer) dan perjalanan melalui getah bening perjalanan melalui sistem getah bening atau darah.

  ### Sistem getah bening. Kanker masuk ke sistem getah bening, perjalanan melalui pembuluh getah bening, dan membentuk tumor (tumor metastatik) di bagian lain dari tubuh.
  ### Darah. Kanker masuk ke dalam darah, perjalanan melalui pembuluh darah, dan membentuk tumor (tumor metastatik) di bagian lain dari tubuh.

Tumor metastasis adalah jenis kanker yang sama dengan tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker tiroid menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya adalah sel-sel kanker tiroid. Penyakit itu adalah kanker tiroid metastasis, bukan kanker paru-paru.

Tahapan digunakan untuk menggambarkan kanker tiroid berdasarkan jenis kanker tiroid dan usia pasien:
Kanker tiroid papiler dan folikuler pada pasien yang lebih muda dari 45 tahun

  ### Stadium I: Pada stadium I kanker tiroid papiler dan folikuler, tumor adalah ukuran apa saja dan mungkin telah menyebar ke jaringan dan kelenjar getah bening terdekat. Kanker belum menyebar ke bagian lain dari tubuh.
  ### Stadium II: Pada stadium II kanker tiroid papiler dan folikular, tumor adalah ukuran apa saja dan kanker telah menyebar dari tiroid ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru atau tulang, dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.

## Kanker tiroid papiler dan folikuler pada pasien 45 tahun dan lebih tua

  ### Stadium I: Pada stadium I kanker tiroid papiler dan folikular, kanker hanya ditemukan di tiroid dan tumornya 2 cm atau lebih kecil.
  ### Stadium II: Pada stadium II kanker tiroid papiler dan folikular, kanker hanya ada di tiroid dan tumornya lebih besar dari 2 cm tetapi tidak lebih dari 4 cm.
  ### Stadium III: Pada stadium III kanker tiroid papiler dan folikuler, salah satu dari berikut ini ditemukan:
        tumor lebih besar dari 4 cm dan hanya di tiroid atau tumor adalah ukuran dan kanker telah menyebar ke jaringan di luar tiroid, tetapi tidak ke kelenjar getah bening; atau
        tumor adalah ukuran dan kanker mungkin telah menyebar ke jaringan di luar tiroid dan telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat trakea atau laring (kotak suara).
  ### Stadium IV: Stadium IV kanker tiroid papiler dan folikuler dibagi menjadi tahap IVA, IVB, dan IVC.
        Pada tahap IVA, salah satu dari berikut ini ditemukan:
            tumor adalah ukuran dan kanker telah menyebar di luar tiroid ke jaringan di bawah kulit, trakea, esofagus, laring (kotak suara), dan / atau saraf laring berulang (saraf yang menuju ke laring); kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat trakea atau laring; atau
            tumor adalah ukuran dan kanker mungkin telah menyebar ke jaringan di luar tiroid. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di salah satu atau kedua sisi leher atau di antara paru-paru.
  ### Pada stadium IVB, kanker telah menyebar ke jaringan di depan tulang belakang atau telah mengelilingi arteri karotid atau pembuluh darah di area antara paru-paru. Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.
        Pada stadium IVC, tumor adalah ukuran dan kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru dan tulang, dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.

## Kanker tiroid meduler untuk semua usia

  ### Stadium 0: Stadium 0 kanker tiroid meduler ditemukan hanya dengan tes skrining khusus. Tidak ada tumor yang dapat ditemukan di tiroid.
  ### Stadium I: Stadium I kanker tiroid meduler ditemukan hanya di tiroid dan 2 cm atau lebih kecil.
  ### Stadium II: Pada stadium II kanker tiroid meduler, salah satu dari berikut ini ditemukan:
        tumor lebih besar dari 2 cm dan hanya di tiroid; atau
        tumor adalah ukuran dan telah menyebar ke jaringan di luar tiroid, tetapi tidak ke kelenjar getah bening.
  ### Stadium III: Pada stadium III kanker tiroid medullary, tumor berukuran apa saja, telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat trakea dan laring (kotak suara), dan mungkin telah menyebar ke jaringan di luar tiroid.
  ### Stadium IV: Stadium IV kanker tiroid medullary dibagi menjadi tahap IVA, IVB, dan IVC.
        Pada tahap IVA, salah satu dari berikut ini ditemukan:
            tumor adalah ukuran dan kanker telah menyebar di luar tiroid ke jaringan di bawah kulit, trakea, esofagus, laring (kotak suara), dan / atau saraf laring berulang (saraf yang menuju ke laring); kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat trakea atau laring; atau
            tumor adalah ukuran dan kanker mungkin telah menyebar ke jaringan di luar tiroid. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di salah satu atau kedua sisi leher atau di antara paru-paru.
  ### Pada stadium IVB, kanker telah menyebar ke jaringan di depan tulang belakang atau telah mengelilingi arteri karotid atau pembuluh darah di area antara paru-paru. Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.
        Pada stadium IVC, tumor adalah ukuran dan kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru dan tulang, dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.

## Kanker tiroid anaplastik

Kanker tiroid anaplastik dianggap stadium IV kanker tiroid.

Kanker tiroid anaplastik tumbuh dengan cepat dan biasanya menyebar di leher ketika ditemukan. Stadium IV kanker tiroid anaplastik dibagi menjadi tahap IVA, IVB, dan IVC.

  ### Pada stadium IVA, kanker ditemukan di tiroid dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.
  ### Pada stadium IVB, kanker telah menyebar ke jaringan di luar tiroid dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.
  ### Pada stadium IVC, kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru dan tulang, dan mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.

## Kanker Tiroid Berulang

Kanker tiroid berulang adalah kanker yang kambuh (kembali) setelah diobati. Kanker tiroid dapat kembali di tiroid atau di bagian lain dari tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar