Kanker Testis pada anak-anak

Kanker testis adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan satu atau kedua buah zakar. Testis adalah 2 kelenjar berbentuk telur yang terletak di dalam skrotum (kantung kulit longgar yang terletak tepat di bawah penis). Buah pelir berada di dalam skrotum oleh tali spermatika, yang juga mengandung vas deferens dan pembuluh darah dan saraf testis. Ada dua jenis tumor testis:

    Tumor sel germinal: Tumor yang dimulai pada sel sperma pada laki-laki. Tumor sel germinal testis bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Tumor sel germinal testis yang paling umum pada anak laki-laki adalah teratoma jinak dan nonseminoma ganas. Seminoma biasanya terjadi pada pria muda dan jarang terjadi pada anak laki-laki.
    Tumor sel non-germinal: Tumor yang dimulai di jaringan yang mengelilingi dan mendukung testis. Tumor ini mungkin jinak atau ganas.

Tanda dan Gejala Kanker Testis pada Anak-Anak

Kanker testis dan penyebarannya ke bagian lain tubuh dapat menyebabkan tanda dan gejala berikut. Tanyakan kepada dokter anak Anda jika anak Anda memiliki salah satu dari hal berikut:

    Benjolan tanpa rasa sakit di testis.
    Nyeri di perut atau punggung.
    Sulit bernapas.
    Streak darah dalam dahak (lendir terbatuk dari paru-paru).

Benjolan yang tidak nyeri di buah zakar dapat menjadi tanda tumor testis. Kondisi lain juga dapat menyebabkan benjolan di buah zakar.

Diagnosis Kanker Testis pada Anak-Anak

Tes untuk mendiagnosis dan tahap kanker testis non-kuman sel dapat mencakup hal-hal berikut:

    Pemeriksaan fisik dan sejarah.
    CT scan.
    USG.
    Biopsi.
    MRI.

Tes lain yang digunakan untuk mendiagnosis tumor testis adalah sebagai berikut:

    Tes penanda tumor serum: Sebuah prosedur di mana sampel darah diperiksa untuk mengukur jumlah zat tertentu yang dilepaskan ke dalam darah oleh organ, jaringan, atau sel tumor dalam tubuh. Zat-zat tertentu terkait dengan jenis kanker tertentu ketika ditemukan dalam peningkatan kadar dalam darah. Ini disebut penanda tumor. Penanda tumor alfa-fetoprotein digunakan untuk mendiagnosis tumor sel germinal.

Pengobatan untuk Kanker Testis pada Anak-Anak

Perawatan kanker testis non-kuman sel pada anak-anak mungkin termasuk yang berikut:

    Operasi untuk mengangkat tumor.

Pengobatan kanker testis berulang non-kuman berulang pada anak-anak mungkin termasuk yang berikut:

    Uji klinis yang memeriksa sampel tumor pasien untuk perubahan gen tertentu. Jenis terapi yang ditargetkan yang akan diberikan kepada pasien tergantung pada jenis perubahan gen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar