Faktor Risiko untuk Kanker Tiroid

Usia, jenis kelamin, dan terpapar radiasi dapat mempengaruhi risiko kanker tiroid.

Apa pun yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit disebut faktor risiko. Memiliki faktor risiko tidak berarti Anda akan terkena kanker; tidak memiliki faktor risiko tidak berarti Anda tidak akan terkena kanker. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda mungkin berisiko.

Faktor risiko untuk kanker tiroid termasuk yang berikut:

    Berusia antara 25 dan 65 tahun.
    Menjadi perempuan.
    Terpapar radiasi ke kepala dan leher sebagai bayi atau anak atau terkena radiasi dari bom atom. Kanker dapat terjadi segera setelah 5 tahun setelah terpapar.
    Memiliki riwayat gondok (pembesaran tiroid).
    Memiliki riwayat keluarga penyakit tiroid atau kanker tiroid.
    Memiliki kondisi genetik tertentu seperti kanker tiroid meduler familial (FMTC), beberapa sindrom endokrin neoplasia tipe 2A (MEN2A), dan beberapa sindrom endokrin neoplasia tipe 2B (MEN2B).
    Menjadi orang Asia.

Kanker tiroid meduler kadang-kadang disebabkan oleh perubahan gen yang diturunkan dari orang tua ke anak.

Gen-gen dalam sel membawa informasi keturunan dari orang tua ke anak. Perubahan tertentu dalam gen RET yang diturunkan dari orang tua ke anak (diwariskan) dapat menyebabkan kanker tiroid meduler.

Ada tes genetik yang digunakan untuk memeriksa gen yang diubah. Pasien diuji terlebih dahulu untuk melihat apakah dia memiliki gen yang berubah. Jika pasien memilikinya, anggota keluarga lainnya juga dapat diuji untuk mengetahui apakah mereka berisiko tinggi untuk kanker tiroid meduler. Anggota keluarga, termasuk anak-anak kecil, yang memiliki gen yang berubah mungkin memiliki tiroidektomi (operasi untuk mengangkat tiroid). Ini dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan kanker tiroid meduler.

Tanda dan Gejala Jika Kanker Tiroid

Tanda-tanda kanker tiroid termasuk pembengkakan atau benjolan di leher.

Kanker tiroid tidak dapat menyebabkan tanda atau gejala awal. Kadang-kadang ditemukan selama pemeriksaan fisik rutin. Tanda atau gejala dapat terjadi ketika tumor membesar. Kondisi lain dapat menyebabkan tanda atau gejala yang sama. Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut:

    Benjolan (nodul) di leher.
    Sulit bernapas.
    Kesulitan menelan.
    Nyeri saat menelan.
    Suara serak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar