Kanker Tiroid

Kanker tiroid adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan kelenjar tiroid. Nodul tiroid sering terjadi tetapi biasanya bukan kanker. Ada berbagai jenis kanker tiroid.
Usia, jenis kelamin, dan terpapar radiasi dapat mempengaruhi risiko kanker tiroid. Kanker tiroid meduler kadang-kadang disebabkan oleh perubahan gen yang diturunkan dari orang tua ke anak.

Tanda-tanda kanker tiroid termasuk pembengkakan atau benjolan di leher. Tes yang memeriksa tiroid, leher, dan darah digunakan untuk mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosis kanker tiroid. Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kemungkinan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Kanker tiroid adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan kelenjar tiroid.

Tiroid adalah kelenjar di dasar tenggorokan dekat trakea (batang tenggorokan). Bentuknya seperti kupu-kupu, dengan lobus kanan dan lobus kiri. The isthmus, sepotong tipis jaringan, menghubungkan dua lobus. Tiroid yang sehat sedikit lebih besar dari seperempat. Biasanya tidak bisa dirasakan melalui kulit.

Tiroid menggunakan yodium, mineral yang ditemukan dalam beberapa makanan dan garam beryodium, untuk membantu membuat beberapa hormon.

Hormon tiroid melakukan hal berikut:

    Mengontrol detak jantung, suhu tubuh, dan seberapa cepat makanan diubah menjadi energi (metabolisme).
    Kontrol jumlah kalsium dalam darah.

Nodul tiroid sering terjadi tetapi biasanya bukan kanker.

Dokter Anda mungkin menemukan benjolan (benjolan) di tiroid Anda selama pemeriksaan medis rutin. Nodul tiroid adalah pertumbuhan sel tiroid yang tidak normal di tiroid. Nodul mungkin padat atau berisi cairan.

Ketika nodul tiroid ditemukan, ultrasound tiroid dan biopsi aspirasi jarum halus sering dilakukan untuk memeriksa tanda-tanda kanker. Tes darah untuk memeriksa kadar hormon tiroid dan antibodi antitiroid dalam darah juga dapat dilakukan untuk memeriksa jenis penyakit tiroid lainnya.

Nodul tiroid biasanya tidak menyebabkan gejala atau membutuhkan pengobatan. Kadang-kadang nodul tiroid menjadi cukup besar sehingga sulit untuk menelan atau bernapas dan lebih banyak tes dan pengobatan diperlukan. Hanya sejumlah kecil nodul tiroid yang didiagnosis sebagai kanker.

Jenis Kanker Tiroid yang Berbeda

Ada berbagai jenis kanker tiroid. Ada empat jenis utama kanker tiroid:

    Kanker tiroid papiler: Jenis kanker tiroid yang paling umum.
    Kanker tiroid folikular.
    Kanker tiroid meduler.
    Kanker tiroid anaplastik.

Kanker tiroid papiler dan folikuler kadang-kadang disebut kanker tiroid terdiferensiasi. Kanker tiroid medulari dan anaplastik kadang-kadang disebut kanker tiroid diferensiasi atau tidak terdiferensiasi yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar